Daftar Program Kursusan Kampung Inggris Pare

Category: Pendidikan Comments: No comments

kampung inggris

kampung inggris pare

Kampung Inggris Pare – Jika kamu mengambil kursus di Kampung Inggris Pare, kamu akan dihadapkan pada banyak pilihan program bahasa.

Sebelum itu alangkah baiknya jika kamu mengetahui level kemampuan berbahasa Inggrismu dan tujuan apa yang hendak kamu capai. Hal tersebut tentu akan membantu proses belajarmu menjadi lebih terfokus.

Ada berbagai program yang bisa kamu ambil di Kampung Inggris dengan waktu rata-rata dua minggu. Setiap harinya, ada sekitar dua sampai lima kali pertemuan pembelajaran dengan waktu 90 menit.

Nah, berikut ini program-program yang bisa kamu ambil ketika belajar di Kampung Inggris.

1. Holiday Program Kampung Inggris Pare

kampung inggris pare

Holiday Program biasanya adalah program khusus untuk anak-anak sekolah yang sedang liburan semester. Waktunya disesuaikan dengan bulan liburan anak sekolah. Pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan luar negeri.

Terkadang ada satu sekolah yang membooking program holiday secara bersamaan. Tapi ada juga pesertanya yang mendaftar secara individu. Semuanya bisa diwadahi di hampir semua lembaga kursusan di Kampung Inggris.

Anak-anak sekolah yang mendaftar program holiday biasanya ditawari dengan paket komplit. Paket komplit itu meliputi program belajar selama dua minggu, tempat tinggal di camp yang sudah dilengkapi dengan paket makan dan laundry.

2.     Preparation TOEFL

kampung inggris kediri

Paket Preparation TOEFL memfokuskan para membernya untuk mampu menghadapi tes TOEFL yang diselenggarakan instansi resmi yang diakui lembaga pendidikan. Materi dari paket preparation TOEFL biasanya lebih diarahkan pada penjelasan tentang grammar dan sederet latihan. Jadi, pada tahapan ini peserta tidak diajarkan tentang speaking.

Paket preparation TOEFL ada pula yang diberikan dalam bentuk program khusus. Program tersebut sifatnya dipisahkan satu sama lain, seperti program listening, structure, dan reading. Masing-masing dari program tersebut biasanya memakan waktu selama dua minggu.

Berbeda dengan holiday program yang banyak diikuti pelajar berbagai tingkatan, program preparation TOEFL justru banyak diisi oleh para lulusan universitas maupun akademi.  Berhubung mereka sudah dianggap lebih dewasa, maka biasanya program camp tidak disediakan secara khusus.

Pesertanya juga berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

3.     Preparation IELTS

kampung bahasa

Hampir sama dengan program preparation TOEFL, preparation IELTS juga ditujukan untuk mereka yang sudah mengenal dasar-dasar Bahasa Inggris. Waktunya bisa lebih panjang daripada program preparation TOEFL. Kalau biasanya preparation TOEFL hanya memakan waktu selama satu bulan, preparation IELTS bisa memakan waktu selama tiga bulan.

Program preparation IELTS menuntut pesertanya untuk memiliki fokus belajar yang tinggi. Hal ini dikarenakan, banyak unsur pembelajaran IELTS yang masih jarang dipelajari dasar-dasarnya di sekolah-sekolah formal Indonesia. Berdasarkan hal itu, biasanya program preparation IELTS juga menawarkan camp IELTS untuk pembelajaran yang lebih maksimal.

4.     Basic Program Kampung Inggris Pare

kampung bahasa

Hampir sama dengan program holiday, Basic program pada dasarnya ditujukan untuk orang dewasa atau para lulusan sekolah menengah maupun perguruan tinggi yang masih belum terlalu paham Bahasa Inggris dasar.

Materi dari Basic Program biasanya terkait hal-hal paling dasar dari Bahasa Inggris seperti grammar dan Vocabulary. Dari segi kepadatan materipun masih dianggap tidak terlalu padat. Satu hari biasanya hanya sekitar tiga kali pertemuan dengan jangka waktu pembelajaran dua minggu.

Basic Program sangat cocok untuk kamu yang mengambil gapyear atau belum kuliah setelah lulus sekolah menengah. Materi dari Basic Program akan sangat berguna jika kamu gunakan untuk tes masuk perguruan tinggi kelak.

5.     Speaking

speaking

Speaking Program adalah salah satu program yang disendirikan alias tidak bisa dijadikan satu dengan program-program yang lain. Hal ini untuk memfokuskan kemampuan berbicaramu agar lebih cap cip cus.

Speaking program akan mengajarkan tentang cara berbicara Bahasa Inggris dari mulai tingkat dasar hingga mahir. Jika kamu berniat mengambil program ini, akan lebih baik jika kamu juga mengambil program vocabulary. Perpaduan keduanya akan membuat skill berbicaramu melejit.

Beberapa orang berpendapat bahwa dengan belajar speaking terlebih dulu akan sangat memudahkanmu belajar Bahasa Inggris pada tingkat selanjutnya. Skill speaking dianggap menjadi pintu gerbang utama untuk menguasai Bahasa Inggris keseluruhan.

Jadi, kamu putuskan untuk belajar hal apa dulu?

6.     Pronunciationkampung bahasa

Hampir sama dengan program Speaking, program Pronunciation lebih difokuskan kepada hal-hal mendetail seperti teknik pengucapan kosakata dan cara membaca phonetic symbol.  Kedua hal tersebut menjadi bahan belajar yang wajib dikuasai oleh member.

Salah satu ciri khas dari kursusan di Kampung Inggris yang memfokuskan pada program speaking adalah tes tongue twister. Tongue twister adalah salah satu teknik pengucapan sederet kosakata yang hampir sama dengan kecepatan tinggi.

Sensasinya adalah lidahmu akan terasa terbelit-belit, atau bahkan kamu akan gagal mengucapkan kosakata tersebut dengan pengucapan sempurna. Ujung-ujungnya kamu pasti akan mengucapkan kosakata yang memiliki bunyi sama tapi huruf yang berbeda.

Banyak tongue twister challange yang diadakan oleh kursusan di Kampung Inggris. Biasanya mereka kerap menguploadnya di media sosial seperti instagram. Tentu saja hal ini sangat menarik untuk diikuti.

7.     Writing

writing

Writing dianggap sebagai program yang tidak bisa sembarangan diambil. Biasanya, member yang berkeinginan mengambil writing program harus terlebih dahulu dinyatakan lulus pada ujian tingkat dasar. Hal ini dikarenakan, dalam  writing program member harus menguasai beberapa grammar sebagai dasar membentuk kalimat.

Writing program akan mengajarimu membuat kalimat dari tingkatan paling dasar hingga mahir. Writing program dianggap sebagai program penyempurna dari program dasar yang kamu ambil. Jadi kamu harus telaten untuk bisa mencapai tahapan writing.

8.     Vocabulary Kampung Inggris Pare

belajar bahasa inggris

Pernahkah kamu mendengar pepatah bilang bahwa inti dari belajar bahasa adalah menguasai kosakatanya? Barangkali itulah yang akan kalian dapatkan ketika mengambil program vocabulary.

Diantara program-program kursus yang lain, program vocabulary bisa dibilang sebagai program yang paling bisa diikuti oleh banyak kalangan.

Program ini memfokuskan member pada penguasaan kosakata. Mereka akan ditarget mampu menguasai beberapa kata dalam tiap pertemuan. Pada ujian akhir, kosakata beserta terjemahannya tadi akan diujikan dalam bentuk ujian hafalan.

Vocabulary program akan sangat membantumu dalam memperkaya perbendaharaan kosakata Bahasa Inggrismu. Meskipun terkesan sederhana dan penuh hafalan, vocabulary yang berhasil kamu kuasai membuat skill berbahasamu naik secara signifikan.

Nah, itu tadi beberapa program yang bisa kamu ambil ketika di Kampung Inggris Pare. Tentu saja setiap kursusan memiliki istilah-istilah yang berbeda untuk masing-masing program tadi.

Tidak hanya istilah, tiap kursusan juga memiliki ciri khas pembelajaran dan fokus materi pembahasan.

Ada kursusan yang hanya memfokuskan pada speaking program. Ada pula yang memfokuskan pada grammar dan TOEFL. Di sisi lain, ada yang hanya memfokuskan programnya pada IELTS.

Jadi, kamu mau ambil program yang mana?

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>